Rabu, 09 Oktober 2013

Timing Valve Mesin 4 Tak

Valve Timing
Valve timing adalah waktu saat membuka dan menutupnya intake dan exhaust valve. Masing masing mengindikasikan kapan valve mulai membuka dan kapan valve mulai menutup berdasarkan sudut putaran crankshaft(poros engkol) exhaust valve akan membuka sebelum piston mencapai posisi titik mati bawah. Setelah mengeluarkan gas, ketika piston melewati titik paling atas, exhaust valve akan menutup. Pada saat yang bersamaan, intake valve akan membuka untuk mengambil campuran bahan bakar. Saat piston melewati titik mati bawah, intake valve akan menutup. Begitulah konsep kerja valve
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut Intake valve timing Intake Valve timing adalah saat katup masuk mulai terbuka pada saat langkah hisap sampai katup mulai tertutup yaitu dimulai dari 5 sampai 20 derajat sebelum TMA sampai dengan 30 sampai 50 derajat setelah TMB Sehingga lamanya katup masuk terbukadapat kita hitung sebagai berikut sudut saat katup masuk terbuka sebelum piston mencapai TMA dalam derajat poros engkol dijumlahkan dengan derajat poros engkol piston dari TMA ke TMB dan di jumlahkan dengan derajat poros engkol katup masuk tertutup setelah piston melewati TMB
Exhaust valve timing Katup buang terbuka yaitu setelah langkah kerja 50 derajat sebelum TMB sampai 5 sampai 20 derajat setelah TMA 5 sampai 20 derajat setelah TMA Sehingga lamanya katup buang terbuka dapat kita hitung sebagai berikut sudut saat katup buang terbuka sebelum piston mencapai TMB dalam derajat poros engkol dijumlahkan dengan derajat poros engkol piston dari TMB ke TMA dan di jumlahkan dengan derajat poros engkol katup buang tertutup setelah piston melewati TMA
Berdasarkan pada proses kerja valve ini, terdapat kesamaan waktu dimana intake valve dan exhaust valve terbuka bersamaan, karena exhaust valve tertutup setelah melawati titik mati atas (TDC) dan intake valve membuka sebelum mencapai titik atas(TDC). Pada saat ini, hal ini terjadi pada akhir langkah buang dan awal langkah hisap,dihasilkan gaya vacuum inertia dari gas yang keluar dapat mempercepat masuknya campuran bahan bakar. Periode ini sering disebut dengan valve overlap(over laping)

2 komentar: